Tips Meredam Konflik di Kantor

Konflik dengan rekan kantor bisa terjadi kapan saja. Terpenting bagaimana menenangkan perasaan kita  bila harus menghadapi  itu dan mencari solusi agar kita terhindar dari yang namanya konflik.

Sebut saja Dewi yang selalu berpenampilan rapi dan kesehariannya dikenal sebagai seorang admin di sebuah perusahaan swasta terkemuka di Jakarta.

Entah mengapa hari-hari terakhir ini dirinya selalu merasa bete dan sering terlibat konflik di kantornya. Adanya sikap atasan yang sangat kaku dan menuntutnya macam-macam, ulah teman yang suka menggosip dirinya. Ada pula  teman lain yang bersifat aneh dan suka memojokkan dirinya, dan masih banyak lagi.
                                   
Peran wanita pekerja, terutama yang sudah menikah  memang cukup banyak. Harus menjadi  istri, sekaligus pekerja profesional. Ini seringkali membuat konflik muncul bukan hanya dengan individu lain, tapi juga dengan diri sendiri

Merebaknya potensi konflik yang terjadi pada Sarah, karena berbagai sebab bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja.  Terutama oleh mereka yang berada dan bekerja  di kota-kota besar.

Penyebabnya juga bisa macam-macam. Contoh : Persaingan antar karyawan untuk mendapatkan perhatian dari pimpinan mereka atau mungkin karena sebab-sebab yang justru sepele seperti : Miss komunikasi dll.

Konflik adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan profesional. Tidak bisa dihindari dalam kehidupan kita, terutama di dunia yang menuntut profesionalitas  saat kita sedang bekerja di kantor.

Masalah ini muncul karena pada dasarnya, mereka dituntut untuk menjalani peranan masing-masing dengan maksimal dan sebaik-baiknya. Sehingga
senyaman apapun pekerjaan anda saat ini, konflik baik dengan teman kerja, klien atau atasan akan selalu muncul.

Hubungan kerja dengan atasan, rekan kerja, dan bawahan bila tidak dikelola dengan baik bisa menjadi konflik dan politik kantor yang meresahkan dan pada akhirnya justru merugikan diri sendiri dan di satu pihak, perusahaan atau kantor tempat kita bekerja.

 Ada beberapa tips meredam konflik di kantor, diantaranya:
  •  Faktanya
Merupakan hal wajar jika anda merasa gugup atau tidak tenang saat harus menghadapi konflik. Tetapi jangan sampai anda terjebak dalam rasa ketakutan dan panik yang membuat konflik justru tidak teratasi dengan baik.

Itu akan membuat konflik semakin meruncing dan menurunkan produktivitas.

Tepatnya, jangan menghindar dari masalah atau malah bertengkar. Sebaiknya langsung ke faktanya, bangkitkan rasa percaya diri. Buat rencana atau ide yang bisa menyelesaikan permasalahan dengan memberikan pendapat yang proposional dengan tetap bersikap profesional.
  •    Low Profile
Biasakan untuk tetap bersikap low profile dan lebih mengutamakan dialog yang produktif bila berkomunikasi dengan teman di kantor. Jangan terlalu reaktif bila mendengar gosip yang suka menyebar.
                                        
Hindari adanya luapan emosi berlebih. Jangan keburu kesal menghadapi gesekan dari rekan sekerja dan prilaku atasan. Lebih baik anda mencoba menelaah lebih dalam, dan mencari tahu kira-kira apa penyebab utama  terjadinya konflik.  

Upayakan  penampilan wajah anda  tidak terlihat cemberut, kesal, apalagi menggunjingkan kelakukan teman sekerja yang sedang berkonflik.
Jadilah pendengar yang aktif, mau memahami orang lain dan jangan menganggap konflik sebagai suatu kegagalan karena sesungguhnya konflik merupakan kilas balik dari kondisi lingkungan yang perlu segera dibenahi.
  • Percaya Diri
Tak kalah pentingnya, membangkitkan rasa percaya diri adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghadapi konflik. Tanamkan pada pikiran kalau konflik yang muncul akan bisa diatasi dengan baik. 



First